Tanda-Tanda dan Cara Mengatasi Hardeolum (Timbilan)


Sahabat sehat, pada artikel kali ini seadonet akan membahas topik yang cukup menarik, yaitu tentang tanda-tanda dan cara mengatasi hardeolum (timbilan). Pernahkah anda mendengar bahwa timbilan merupakan kutukan bagi orang yang mengintip orang mandi? Hal tersebut tidaklah benar. Lantas bagaimana timbilan jika dilihat dari sisi medis? Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Dalam medis, timbilan atau bintitan disebut hordeolum yaitu merupakan infeksi pada kelenjar kelopak mata. Pada kelopak mata manusia terdapat tiga kelopak yaitu kelenjar mibom, kelenjar zeis dan kelenjar moll. Dari segi tempatnya, hordeolum dibagi menjadi dua yaitu hordeolum internal dan hordeolum eksternal. Hordeolum internal terjadi pada kelenjer meibom, dimana benjolan mengarah ke konjungtiva (selaput kelopak mata bagian dalam). Sedangkan pada hordeolum eksternal terjadi pada kelenjar zeis dan moll, pada hordeolum eksternal benjolan Nampak dari luar kulit kelopak mata bagian luar.

Tanda-tanda dan Gejala Hordeolum

Hordeolum sangat mudah dikenali dari luar. Berikut ini merupakan tanda-tanda dan gejala yang ditimbulkan pada hordeolum, yaitu sebagai berikut:
1. Ada benjolan di kelopak matanya
Benjolan pada mata bisa terdapat pada bagian luar dan juga bisa terdapat pada bagian dalam.
2. Mata akan terlihat sedikit bengkak dan terasa nyeri bagi penderita.
3. Benjolan Nampak lebih jelas saat membuka kelopak mata.
4. Perasaan seakan-akan ada sesuatu dalam atau pada mata
5. Mata mudah berair dan lebih sensitive pada sinar matahari.
6. Jika hordeolum pecah akan mengeluarkan nanah.

Hordeolum merupakan penyakit tidak menular. Selain hardeolum, ada juga satu penyakit yang mirip dengan hardeolum yaitu chalazion. Bedanya, chalazion tidak menimbulkan rasa nyeri pada kelopak mata meskipun ukurannya lebih besar dari hardeolum. Penanganan Chalazion sama dengan hordeolum. Hordeolum dapat sembuh dengan sendirinya kurang lebih dalam kurun waktu satu sampai dua minggu. Namun kebanyakan penderita Hordeolum ingin segera sembuh, maka mereka sebaiknya segera mengunjungi dokter agar diberi perawatan yang sesuai. Hordeoum jangan sampai di pencet karena sangat berbahaya.

Tips Mengatasi Hordeolum

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan dirumah untuk penderita hordeoum antara lain yaitu sebagai berikut:

a. Kompres Hangat

Kompreslah kelopak mata dengan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Pastikan handuk sampai hangat dan diperas sampai kering, jangan sampai menetes. Selain itu handuk juga harus dipastikan tidak terlalu panas karena jika terlalu panas tidak baik untuk kulit wajah dan mata.

b. Melepas lensa kontak dan membersihkan make up

Hindari penggunaan make up dan kontak lens selama menderita hordeolum. Bersihkan make up sebelum tidur dan gantilah mascara setiap 6 bulan sekali karena jika dibiarkan akan banyak bakteri yang mengendap di mascara tersebut.

c. Menjaga Kebersihan Mata

Jagalah kebersihan mata dengan rutin mencuci wajah dengan air hangat agar kelopak mata tidak terinfeksi oleh bakteri. Gunakanlah sabun yang tidak terlalu keras, sehingga tidak menyebabkan kulit iritasi atau kelopak mata iritasi, misalnya mencuci muka dengan mild soap atau sabun yang ringan.

d. Kompres kelopak mata dengan black tea

Selain menggunakan handuk untuk mengompres, anda juga bisa menggunakan black tea yang masih dalam kantong (teh celup) dan dipastikan suhunya sudah tidak terlalu panas. Black tea mempunyai efek anti peradanagan dan efek anti bakteri secara alami. Gunakan kantong black tea hanya satu kali penggunaan saja agar tidak terinfeksi bakteri, dan pastikan tidak ada air yang menetes ke mata ketika menggunakan kantung black tea. Pengompresan dengan menggunakan black tea dapat dilakukan selama 5-10 menit. Hal ini dapat dilakukan selama beberapa kali sehari.

e. Gunakan timun atau kentang untuk mengompres mata

Timun yang dingin dapat membantu meringankan nyeri dan iritasi pada mata. Selain menggunakan timun juga dapat menggunakan kentang untuk mengompres mata.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.