Pengobatan Masuk Angin Dari Sisi Medis


Sahabat sehat, pada kesempatan kali ini seadonet akan membahas topik yang cukup populer di Indonesia yaitu tentang pengobatan masuk angin dari sis medis. Banyak orang yang badannya mriang, tenggorokan sakit, menjelang flu dan batuk, sakit kepala, pusing, perut kembung, badan nggreges dan sebagainya menyebutnya dengan istilah masuk angin. Padahal tahukah anda bahwa masuk angin sebenarnya tidak ada dalam istilah medis. Kondisi seperti yang disebutkan di atas disebut dengan common cold. Common cold disebabkan oleh virus.

Ketika mengalami gejala common cold seperti di atas banyak orang yang langsung mengobatinya dengan kerokan. Kerokan yakni suatu metode dengan menggosokkan uang koin dan balsem ke kulit hingga memerah. Di Indonesia, kerokan merupakan suatu pengobatan tradisional yang mujarab untuk mengatasi badan yang tidak enak. Kerokan boleh saja digunakan untuk mengatasi hal tersebut, tetapi jangan sampai gosokan yang diberikan terlalu kuat sehingga mengakibatkan kulit lecet.
Secara umum, penyebab common cold adalah terinfeksi virus, dan common cold dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-14 hari.

Mengatasi Gejala Common Cold

Ada beberapa tips untuk mengatasi gejala common cold untuk mempercepat proses penyembuhan, yaitu sebagai berikut:

1. Istirahat yang cukup

Gejala common cold dapat timbul karena kurang tidur, habis perjalanan jauh, atau aktivitas yang terlalu capek pada waktu sebelumnya sehingga daya tahan tubuh menjadi rendah dan mudah terinfeksi oleh virus.

2. Tambahkan suplemen

Suplemen merupakan makanan tambahan agar tubuh menjadi cukup nutrisi. Suplemen yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi common cold adalah suplemen Echinacea. Echinacea merupakan tanaman herbal yang dapat membantu boosting sistem imun tubuh. Selain Echinacea juga dapat mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, strawberry, dan sebagainya. Vitamin C dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

3. Garlic (Bawang Putih)

Garlic (bawang putih) sangat efektif untuk membantu mengatasi common cold. Bawang putih mengandung zat allicin. Zat tersebut secara alami mengandung anti bakteri, antivirus, dan anti jamur. Bawang putih sangat efektif dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Bawang putih ini dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah, bisa dengan diiris atau ditumbuk terlebih dahulu tetapi jangan dimasak.

4. Mineral “Zinc”

Zinc dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Pemakaian zinc dapat dikombinasi dengan penggunaan suplemen lainnya baik vitamin C maupun Echinacea.

5. Apple Cider Vinegar “Cuka Apel”

Cuka apel dapat dikonsumsi dengan cara campurkan 2 sendok makan cuka apelke dalam segelas air dan konsumsilah 3 kali sehari sampai sembuh.
Bahan-bahan tersebut dapat dikonsumsi secara kombinasi untuk membantu mengatasi gejala common cold.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.