Makanan Yang Mempercepat Penuaan dan Tips Awet Muda


Sahabat sehat, siapa yang tidak tergiur dengan kelezatan sosis goreng, steak, keripik kentang, atau minuman ringan lainnya seperti cola dan soda? Pada kesempatan kali ini, seadonet akan membahas tentang makanan yang mempercepat penuaan dan tips agar tetap awet muda. Beragam jenis makanan itu memang mengundang kenikmatan tersendiri, namun cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan-makanan tersebuh dalam jangka waktu yang sering. Pakar nutrisi mengungkapkan bahwa makanan-makanan tersebut dapat mempercepat proses penuaan. Mereka beralasan bahwa sebagian besar makanan tersebut mengandung kadar gula dan lemak yang tinggi. Hal ini tentu saja sangat berdampak untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa makanan atau minuman yang menurut para ahli gizi membuat kita menjadi lebih tua antara lain yaitu sebagai berikut:

Makanan Yang Mempercepat Penuaan

1. Minuman Berkarbonasi

minuman berkarbonasi dapat mempercepat penuaan
minuman berkarbonasi dapat mempercepat penuaan

Minuman berkarbonasi memiliki kadar gula yang tinggi dan rendah nutrisi. Kandungan gula pada minuman ini juga dapat memicu obesitas sehingga bisa meningkatkan risiko stroke, hipertensi, jantung, dan diabetes. Riset tentang gizi yang dilakukan para pakar di Havard School of Public Health menunjukkan bahwa sekaleng minuman berkarbonasi setiap hari bisa menyebabkan seseoirang mengalami kenaikan berat badan dalam setahun.

2. Sosis

sosis dapat mempercepat penuaan
sosis dapat mempercepat penuaan

Sosis memang merupakan salah satu jenis makanan yang sangat lezat. Namun sayangnya, berdasarkan salah satu riset di Eropa menunjukkan bahwa makanan ini dapat memicu risiko kanker kolorektal. Hal ini menjadi biang keladinya adalah zat N-nitroso yang bersifat karsinogenik. Zat tersebut terbentuk ketika bahan tambahan nitrit di campurkan dengan daging olahan. Di samping itu, makanan ini juga biasanya di buat dari daging berlemak. Beberapa zat kimia dan bahan tambahan lainnya dalam sosis juga dapat membuat organ liver seseorang bekerja lebih keras dalam menetralkannya.

3. Kopi

kopi dapat mempercepat penuaan
kopi dapat mempercepat penuaan

Kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Hal penting yang belum banyak orang ketahui tentang kafein adalah zat ini dapat meningkatkan hormon stres. Kopi juga dapat membuat konsumennya terjaga selama berjam-jam setelah dikonsumsi. Padahal, konstribusi terbesar dari penuaan dini salah satunya adalah hormon stres yang di sebut kortisol. Apabila kadar kortisol melambung, maka dapat membuat otot-otot menjadi letih sehingga membuatnya menjadi cepat menyusut.

4. Keripik dan kentang goreng

keripik atau kentang goreng dapat mempercepat penuaan
keripik atau kentang goreng dapat mempercepat penuaan

Makanan ini diproses dengan cara penggorengan pada suhu yang sangat tinggi, sehingga memicu pembentukan lemak jenis trans-fat. Pola atau kebiasaan mengkonsumsi makanan mengandung trans-fat berhubungan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung koroner.

5. Pastri mengandung gula

pastri yang mengandung gula dapat mempercepat penuaan
pastri yang mengandung gula dapat mempercepat penuaan

Pastri mengandung banyak gula sehingga dapat memicu terjadinya obesitas. Makanan ini juga sering kali dibuat dengan minyak yang terhidrogenasi sehingga mengandung trans-fat (lemak tak jenuh).
Minyak terhidrogenasi di buat dengan cara menambahkan hydrogen pada minyak cair untuk menjadikannya lebih padat sehingga lebih mudah untuk di simpan. Namun, proses ini menghasilkan lemak tak jenuh. Contohnya, margarin atau mentega. Trans-fat bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung menjadi lebih besar daripada lemak jenuh, karena dapat menekan kolesterol baik (LDL) dan kolesterol jahat (HDL) dalam peredaran darah. Di samping itu, kombinasi gula dan trans-fat akan membuat liver dan pankreas bekerja lebih keras.

6. Daging merah

daging merah dapat mempercepat penuaan
daging merah dapat mempercepat penuaan

Daging merah memang mengandung protein yang sangat penting untuk perbaikan ringan. Namun, terlalu banyak menyantap protein hewani juga dapat memicu hilangnya kadar kalsium dari tulang sehingga mengandung risiko osteoporosis. Riset menunjukkan bahwa supan protein tinggi di usia pertengahan berkaitan dengan peradangan poliartritis yaitu dimana peradangan terjadi pada lebih dari satu jenis sendi.

7. Nasi putih dan roti putih

nasi putih dapat mempercepat penuaan
nasi putih dapat mempercepat penuaan

Makanan ini mengandung sedikit serat sehingga masuk dalam kategori makanan dengan indeks glikemik tinggi. Berbagai makanan seperti ini dicerna dan diserap ke dalam peredaran darah dengan sangat cepat sehingga membuat kadar gula melonjak dalam waktu singkat. Hal ini juga dapat membuat sel berubah dan menua lebih cepat sehingga meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kandung empedu, diabetes tipe 2, alzeimer, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Adapun jenis makanan lain dengan indeks glikemik tinggi adalah gandum olahan, kentang tumbuk, dan sereal bergula.

Tips Merawat Wajah Agar Awet Muda

Sehubungan dengan hal di atas, ada beberapa tips merawat wajah, agar wajah kita tetap awet muda, antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Perbanyak Konsumsi Ikan daripada Daging

Banyak mengkonsumsi ikan gabus lebih baik daripada mengkonsumsi daging. Kandungan protein kolagen ikan gabus lebih rendah dibandingkan dengan daging ternak, berkisar 3-5 persen dari total protein. Dengan demikian, tekstur daging ikan gabus menjadi lebih empuk daripada daging ikan sapi atau daging ayam.
Rendahnya kolagen juga menyebabkan daging ikan gabus menjadi lebih mudah di cerna kelompok lanjut usia, bayi, dan juga orang yang baru sembuh dari sakit. Selain itu, ikan juga memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang sangat bermanfaat bagi seseorang yang ingin selalu tampak awet muda.

2. Kurangi konsumsi gula

Sebisa mungkin kurangilah mengkonsumsi gula karena gula bisa mempercepat penuaan. Di samping itu, mengkonsumsi gula berlebihan juga dapat memicu penyakit diabetes. Oleh karena itu, bagi pecinta makanan atau minuman yang manis, sebaiknya gunakanlah gula yang berasal dari buah-buahan dan tidak berlebihan.

3. Perbanyak buah dan sayur

Perbanyaklah mengkonsumsi sayur dan buah karena buah dan sayuran mengandung banyak air dan juga sebagai vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan wajah kita. Jadi, usahakanlah untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayuran di waktu luang kita. Di samping itu, buah dan sayuran yang banyak dikonsumsi bisa membuat wajah selalu terlihat lembab dan jauh dari kusam.

4. Perbanyak minum air putih

Bagi seorang yang sangat jarang mengkonsumsi air putih, jangan pernah berharap untuk memiliki wajah yang awet muda. Salah satu rahasia seseorang menjadi awet muda adalah harus banyak-banyak mengkonsumsi air putih setiap harinya agar kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi.

5. Gunakanlah masker alami

Untuk mendapatkan wajah awet muda, kita bisa menggunakan masker untuk wajah dengan masker yang alami, jangan menggunakan masker kemasa. Namuan, kita bisa menggunakan buah-buahan yang alami, misalnya dengan menggunakan avokad, lemon, dan pisang sebgai masker wajah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.