Kenapa sebagian perokok tetap sehat?


Sahabat sehat, kita tahu bahwa merokok merupakan masalah yang sangat kontroversial di masyarakat namun kenapa sebagian perokok tetap sehat? Padahal selama ini kita tahu bahwa merokok dapat menyebabkan impotensi, gangguan janin dan kehamilan, jantung koroner, hipertensi dan penyakit lainnya. Bahkan seorang perokok berat pun ada yang usianya panjang hingga 70 tahun, mengapa bisa demikian?

Faktor penyebab mudah sakit

Seseorang mengalami suatu penyakit tertentu pasti disebabkan oleh faktor-faktor risiko yang membuat mereka sakit, dan faktor risiko yang membuat sakit bukan hanya rokok, melainkan juga bisa disebabkan karena faktor lainnya. Ada beberapa penyebab seseorang mudah sakit, adalah sebagai berikut:

  1. Tidak menjaga berat badan
  2. Pola makan yang kurang sehat
  3. Pola tidur yang tidak teratur
  4. Stress yang terlalu berat
  5. Kurang rekreasi
  6. Polusi udara
  7. Kurang olahraga

Faktor-faktor tersebut menyebabkan seseorang mudah sekali terkena penyakit. Seseorang yang merokok tetapi diimbangi dengan pola makan yang sehat, olahraga teratur dan pola tidur yang teratur dapat menyebabkan perokok tersebut selalu sehat. Ada seseorang yang merokok tetapi dia tetap sehat, bahkan ia menjadwalkan minimal lari sejauh 3km sehari dan mengikuti cabang olahraga triathlon. Triathlon merupakan cabang olahraga yang menggabungkan tiga cabang olahraga renang, lari sprint, dan bersepeda. Selain itu, jumlah rokok yang dikonsumsi setiap orang juga mempengaruhi kesehatan seseorang.

Cara mengatasi kebiasaan merokok

Seseorang yang kecanduan merokok (perokok berat) akan susah berhenti merokok. Namun bukan berarti tidak bisa, kebiasaan merokok dapat dihentikan secara pelan-pelan. Karena ketika langsung diberhentikan maka otak yang terbiasa dengan zat-zat dalam rokok akan menderika karena tidak mendapat asupan zat-zat tersebut lagi. Misalnya awalnya mengkonsumsi rokok sebanyak 5 pack sehari, maka hari berikutnya dapat menjadi 4 pack, minggu berikutnya dikurangi 1 pack hingga perlahan-lahan menjadi tidak merokok. Hal ini butuh kemauan yang keras dari perokok itu sendiri karena menghilangkan kecanduan bukanlah hal yang mudah melainkan butuh kerja keras dan komitmen yang tinggi. Untuk menanggulangi hal ini dapat dilakukan dengan mengalihkan perhatian ketika sedang mengalami stress ke hal-hal yang lebih positif, misalnya olahraga, rekreasi, dan sebagainya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.