Cara Mengobati Sakit Gigi, Penyebab, Gejala dan Pengobatan Alami Yang Dianjurkan


Sahabat sehat, pada kesempatan ini seadonet akan membahas topik menarik yang sering dialami oleh semua orang dan dianggap meresahkan, yakni tentang cara mengobati sakit gigi, penyebab, gejala dan pengobatan alami yang dianjurkan. Sakit gigi merupakan penyakit yang dapat dialami oleh semua orang, baik pada anak-anak, remaja, maupun dewasa. Sakit gigi adalah perasaan nyeri yang terjadi pada gigi dan rongga mulut. Tingkat nyeri pada sakit gigi bervariasi, mulai dari yang sangat ringan hingga sangat parah.

Penyebab Sakit Gigi

Penyebab sakit gigi bermacam-macam, yaitu sebagai berikut:

a. Gigi berlubang

Gigi berlubang bisa terjadi karena kita jarang menggosok gigi. Jarang menggosok gigi akan menyebabkan bakteri mudah tumbuh dan berkembang. Selain itu, makan makanan manis juga dapat menyebabkan gigi berlubang karena makan makanan manis akan menyebabkan bakteri yang berkumpul di gigi akan semakin nyaman dan berkembang biak. Bakteri-bakteri tersebut akan melepaskan zat asam yang dapat mengikis gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang.

b. Gusi yang bengkak

Gusi yang bengkak biasanya terjadi akibat makanan atau kotoran yang tersisa masih terselip di sela-sela gigi atau tertimbunnya karang gigi, dimana pada karang gigi merupakan tempat tertimbunnya bakteri.

c. Gigi saat bertumbuh

Gusi dapat sakit pada anak ketika gigi sedang bertumbuh.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Untuk mengatasi sakit gigi, sebaiknya anda dapat langsung mengunjungi dokter gigi agar mengetahui apa yang terjadi pada gigi dan mulut sehingga mendapat perawatan yang tepat. Selain mengatasi langsung ke dokter, juga ada beberapa treatment yang dapat dilakukan di rumah, antara lain yaitu sebagai berikut:
1. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi atau dental floss. Dental floss berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang tertimbun di sela-sela gigi.
2. Berkumur dengan air garam pada gigi yang berlubang. Cara ini sangat gampang yaitu dengan cara campurkan 2 sendok garam ke air hangat kemudian kumurkan larutan tersebut pada gigi yang berlubang. Garam mengandung sodium yang tinggi sehingga dapat membantu membunuh bakteri dan sebagai bahan anti septik.
3. Kompres pada bagian yang sakit dengan air dingin atau es batu yang digulung dengan handuk dan diletakkan pada bagian yang bengkak, hal ini dapat dilakukan jika sakit gigi yang dialami sampai menyebabkan bengkak pada gusi. Kemudian kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
4. Minumlah obat anti nyeri jika sakit gigi yang dialami menimbulkan nyeri yang luar biasa sehingga membuat diri tidak dapat menahan nyeri yang ditimbulkan. Obat nyeri dapat ditemukan di apotek terdekat seperti paracetamol. Ada hal yang perlu diperhatikan yaitu obat anti nyeri tidak dianjurkan untuk penderita yang dibawah 16 tahun.

Cara Mencegah Terjadinya Sakit Gigi

Dari pada sakit gigi maka lebih mencegahnya bukan? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit gigi, yaitu sebagai berikut:
a. Jangan lupa menggosok gigi minimal 2 kali sehari yakni setelah sarapa pagi dan setelah makan malam. Ketika sikat gigi jangan lupa untuk menggosok permukaan lidah.
b. Kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Seperti kue, permen, coklat, dan minuman bersoda atau minuman yang mengandung aspartam.
c. Perbanyak makanan yang berserat seperti buah-buahan dan sayuran karena selain bergizi tinggi, makanan berserat juga dapat membantu membersihkan gigi.
d. Kurangi atau berhentilah merokok karena merokok dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut.
e. Kontrol gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi untuk mengetahui kondisi gigi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.