Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel


Kali ini kita akan mendiskusikan cara menghilangkan jerawat yang membandel. Banyak orang yang stress karena jerawat yang tidak kunjung sembuh. Jerawat biasa terjadi pada wajah maupun punggung. Sebenarnya jerawat tumbuh disebabkan karena penumpukan bakteri atau jamur yang sering disebut dengan kandida pada usus dan saluran pencernaan.

Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel
Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel

Faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat

1.Mengkonsumsi antibiotik

Antibiotik bekerja dengan cara membunuh semua bakteri pada tubuh. Kebanyakan orang lebih suka makanan yang tinggi gula, makanan yang tinggi gula akan mempercepat pertumbuhan kandida didalam usus.

2.Penggunaan pil KB

Dengan penggunaan pil KB akan menyebabkan hormon menjadi terganggu yang bisa menimbulkan jerawat pada wajah seseorang.

3.Mengkonsumsi air PDAM yang dimasak

Air PDAM yang dimasak ternyata tidak dapat menghilangkan kandungan klorin pada air. Klorin adalah zat penjernih air (zat untuk memutihkan air). Dengan mengkonsumsi air ini dalam jumlah berlebih akan menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.
Sahabat sehat, tahukah Anda bahwa sebenarnya untuk menyembuhkan jerawat membandel sangatlah mudah. Tetapi banyak orang yang belum mengetahuinya. Bahkan mereka banyak yang dibuat stress gara-gara jerawat. Ada empat tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi jerawat yang membandel, yaitu sebagai berikut:

a. Menghindari jenis makanan

Jika anda ingin terhindar dari jerawat, maka perhatikanlah jenis makanan yang Anda konsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari, antara lain sebagai berikut:

1.Makanan yang mengandung tinggi gula

Karena makanan yang mengandung tinggi gula merupakan makanan bagi kandida sehingga bakteri jahat lebih cepat tumbuh. Selain itu, gula juga dapat merusak tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

2.Makanan yang mengandung tinggi Gluten

Makanan yang mengandung gluten jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menyebabkan peradangan pada usus dan saluran pencernaan atau mengalami inflamasi sehingga bakteri akan tumbuh lebih cepat.

3.Menghindari lemak yang terhidrogenasi

Jenis minyak yang terhidrogenasi antara lain yaitu minyak goreng yang sudah dipakai berulang kali.
Banyak orang yang ketika ditimpa jerawat hanya memperhatikan kulitnya saja, padahal sebenarnya yang bermasalah adalah usus dan saluran pencernaan mereka. Maka dengan memperbaiki usus dan saluran pencernaan, maka jerawat akan sembuh dengan sendirinya.

b.Memperhatikan jenis makanan yang harus ada ketika dikonsumsi

Kita harus selalu memperhatikan kandungan nutrisi yang ada pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Ada beberapa zat yang harus ada dalam makanan yang kita konsumsi yaitu sebagai berikut:

1.Makanan yang berserat

Serat berfungsi untuk membunuh bakteri jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan system pencernaan di dalam tubuh. Serat juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.

2.Protein

Protein merupakan bahan pembangun sel di dalam tubuh manusia. Protein ini harus selalu ada dalam setiap makanan yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Protein berfungsi untuk bahan baku anti bodi yang dapat meningkatkan sistem imun didalam tubuh. Dengan system imun yang baik tentu akan turut serta memperbaiki system imun di dalam tubuh dengan sendirinya. Sumber protein dapat diperoleh melalui sumber nabati dan sumber hewani.

3.Lemak yang baik

Lemak yang baik dalam makanan antara lain omega 3, minyak ikan, atau minyak kelapa. Minyak yang baik ini dapat membantu peradangan pada tubuh manusia.

c.Mengkonsumsi Suplemen yang dapat mengatasi jerawat

Ada beberapa jenis suplemen yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi jerawat, yaitu sebagai berikut:

1.Suplemen yang mengandung probiotik

Probiotik merupakan jenis bakteri baik yang dapat membantu tubuh untuk melawan tumbuhnya bakteri jahat di dalam tubuh. Jenis bakteri baik ini sering disebut dengan Flora Normal terdapat pada usus besar. Makanan yang mengandung probiotik ini sangat baik karena 70% system imun terdapat pada saluran pencernaan. Maka dari itu, jika ingin memiliki system imun yang baik maka harus mengkonsumsi jenis makanan atau suplemen yang mengandung probiotik.

2.Suplemen yang mengandung Zinc

Zinc dapat membantu memperbaiki lapisan epitel dalam usus manusia. Jika kondisi usus baik maka dengan sendirinya system imun dalam tubuh juga akan meningkat.

3.Antioksidan

Antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas yang dihasilkan dari mengkonsumsi gorengan dengan minyak yang sudah dipakai berulang kali atau radikal bebas yang di hasilkan pada tubuh manusia, atau bisa juga radikal bebas yang diproses dari metabolisme bakteri di dalam tubuh.

d.Gunakan sabun pencuci wajah yang mengandung tea tree oil

Pilihlah sabun pencuci muka yang mengadung tea tree oil karena tea tree oil mengandung minyak esensial yang dapat membunuh bakteri secara alami pada kulit wajah atau punggung kulit yang berjerawat. Tea tree oil memiliki aroma yang khas dan gunakanlah secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*