Cara Mengatasi Pilek Secara Natural


Pada kesempatan kali ini, seadonet akan membahas tentang cara mengatasi pilek secara natural. Sahabat sehat, apakah anda termasuk salah seorang yang pernah mengalami flu alias pilek? Pilek atau flu adalah tanda infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, dan saluran pernafasan bagian atas. Secara umum pilek disebabkan oleh virus influenza. Flu akan sembuh sendiri dalam waktu 1 minggu dengan daya tahan tubuh yang kuat. Pilek menyebabkan tersumbatnya hidung sehingga mengganggu sistem pernafasan dalam tubuh.

Kenapa ketika pilek, pernapasan menjadi tersumbat?

Penyebab Pilek / Flu

Secara umum, ada dua mekanisme yang menyebabkan hidung tersumbat ketika mengalami flu yaitu sebagai berikut:
1. Melebarnya pembuluh darah, sehingga mulkosa hidung menjadi bengkak dan mempersempit rongga hidung.
2. Meningkatnya produksi lendir sehingga hidung semakin tersumbat.

Ketika seseorang mengalami pilek tidak dianjurkan untuk segera mengkonsumsi antibiotic karena antibiotik digunakan untuk membunuh kuman/bakteri bukan virus padahal pilek disebabkan karena virus. Antibiotik tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi pada tubuh karena dapat menyebabkan resistence atau kebal terhadap antibiotik.

Cara Mengatasi Pilek

Pilek membuat kondisi seseorang menjadi tidak nyaman dan bahkan mengganggu aktivitas sehari-harinya. Berikut ini adalah tips dan trik sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi pilek di rumah:

a. Menggunakan Jahe

Minuman Jahe Untuk Mengatasi Pilek
Minuman Jahe Untuk Mengatasi Pilek

Jahe merupakan jenis tanaman obat yang sangat baik untuk menghangatkan dan menghilangkan dahak di tenggorokan serta mengembalikan suara yang telah hilang akibat serak. Jahe juga merupakan jenis bumbu dapur yang sangat mudah ditemukan dimana saja. Umumnya jahe digunakan untuk menghilangkan bau amis pada masakan. Jahe merupakan jenis tanaman antioksidan karena dapat mencegah infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe juga bersifat dekongestan, artinya jahe bersifat melegakan tenggorokan. Selain itu, jahe juga bersifat diaphoretic, artinya jahe dapat membuat keringat tubuh sehingga suhu tubuh menjadi lebih hangat. Jahe dapat dimanfaatkan dengan direbus untuk minuman jahe atau juga dapat dimasukkan ke dalam sup ataupun jenis makanan lainnya. Selain itu, jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai essential oil yaitu dengan cara diteteskan pada air hangat sebanyak 6-8 tetes kemudian dihirup uapnya. Hal ini dapat melegakan tenggorokan.

b. Menggunakan larutan garam

Larutan Garam Untuk Mengatasi Pilek
Larutan Garam Untuk Mengatasi Pilek

Larutan garam yang dipercaya dapat mengatasi pilek adalah jenis NaCl 0,9% yang bisa dibeli di apotek. Cara menggunakannya bisa menggunakan pipet yaitu dengan cara meneteskan sebanyak 4-5 tetes ke hidung kemudian dikeluarkan. Selain menggunakan pipet, larutan garam juga dapat digunakan menggunakan botol yang ujung tutupnya diberi lubang kemudian disemprotkan ke hidung dan kemudian dikeluarkan lagi dari hidung.

c. Menggunakan bawang putih

Bawang Putih Untuk Mengatasi Pilek
Bawang Putih Untuk Mengatasi Pilek

Bawang putih juga bersifat antioksidan alami yang berfungsi untuk mengatasi infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Bawang putih dapat dimanfaatkan dengan cara dicincang kemudian dimakan mentah, atau bisa juga dimasukkan ke air hangat sebanyak 1-2 siung kemudian ditambahkan madu agar rasanya lebih enak.

d. Menjaga kebersihan

Menjaga Kebersihan Untuk Mengatasi Pilek
Menjaga Kebersihan Untuk Mengatasi Pilek

Selain menggunakan hal di atas, pilek juga dapat diatasi / dicegah dengan cara menjaga kebersihan. Cara menjaga kebersihan yang dapat dilakukan antara lain yaitu cuci tangan, jika pilek tutup dengan lengan atas, jangan dengan telapak tangan karena telapak tangan merupakan sumber penularan dengan orang lain.

e. Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran

Rajin Mengkonsumsi Sayur dan Buah untuk Mengatasi Pilek
Rajin Mengkonsumsi Sayur dan Buah untuk Mengatasi Pilek

Buah-buahan dan sayur-sayuran sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena banyak mengandung vitamin C.

f. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup untuk membantu mengatasi pilek
Istirahat yang cukup untuk membantu mengatasi pilek

Pilek disebabkan oleh virus, maka dari ini sangat penting untuk menjaga pola aktivitas yang teratur dan istirahat yang cukup agar tidak mudah terjangkit virus karena kekebalan tubuh tercukupi.

g. Minum air hangat yang banyak

Minum air hangat yang banyak untuk mengatasi pilek
Minum air hangat yang banyak untuk mengatasi pilek

Pilek juga dapat diatasi dengan minum air hangat yang banyak untuk melegakan tenggorokan. Selain minum air hangat yang banyak, air hangat juga dapat digunakan untuk mandi atau berendam agar sistem kekebalan tubuh meningkat, dan uapnya bisa terhirup sehingga dapat melegakan tenggorokan.

Jika hal tersebut sudah dilakukan tetapi masih mengalami pilek berkepanjangan maka segera konsultasikan ke dokter atau klinik kesehatan terdekat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.