Cara Mengatasi Ketombe


Hampir semua orang pasti pernah mengalami ketombe. Kulit pada kepala mengalami regenerasi secara berkala dimana kulit mati terkelupas dan memberi ruang kulit baru tumbuh. Hal ini sangat terlihat jelas pada kepala, dimana kulit yang terkelupas akan tersangkut di rambut dan inilah yang disebut dengan ketombe (dandruff). Orang-orang dengan kulit kering atau orang-orang yang kekurangan nutrisi tertentu akan mudah mengalami ketombe. Mereka akan mengalami ketombe lebih parah daripada orang pada umumnya. Hormone yang tidak seimbang, stress berlebih, pola makan yang tidak baik sangat mempengaruhi ketombe.  Bagaimana sih

cara mengatasi ketombe
cara mengatasi ketombe

Pada negara yang mengalami empat musim, akan mengalami ketombe lebih parah pada musim gugur dan musim dingin. Hal ini diakibatkan karena udara yang sangat kering pada musim dingin dapat menyebabkan ketombe. Pada musim ini lakukanlah perawatan terbaik untuk kulit kepala agar ketombe yang muncul lebih terkontrol.
Pada pengobatan traditional Chinese Medicine (TCM), kelembapan kulit bergantung pada nutrisi dalam darah, ada dua organ yang berpengaruh pada kesehatan kulit yaitu organ paru-paru dan organ usus besar sangat berhubungan dengan kesehatan pada kulit. Ketika darah kurang nutrisi maka kulit kepala akan mengalami kekeringan sehingga menyebabkan ketombe. Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketombe, yaitu sebagai berikut:
1.Menyelesaikan penyebab mendasar
2.Menutrisi darah / mengatur pola makan
3.Melembabkan kulit

Selain karena musim dingin, panas yang berlebih juga dapat menyebabkan ketombe, panas yang dimaksud adalah panas yang disebabkan karena faktor makanan (makanan yang mengandung tinggi minyak, tinggi lemak, gorengan yang tidak diimbangi dengan makanan yang tinggi serat dan air yang cukup).

Selain itu, ketombe juga dapat disebabkan karena kandungan PH dalam tubuh terlalu asam yang mengakibatkan ketombe semakin parah. PH dapat meningkat karena terlalu banyak minum kopi, alkohol, dan gula.
Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan dirumah untuk mengatasi ketombe, antara lain sebagai berikut:

1.Diet (Pola Makan)

Diet dapat mengurangi ketombe yang berfokus pada makanan yang dapat menutrisi dan melembabkan kulit. Makanan-makanan yang dapat dikonsumsi antara lain yaitu sayuran hijau, buah segar, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, kurangi makanan berlemak dan minumlah air putih yang cukup. Bila memungkinkan pilihlah makanan yang organik (tidak mengandung pestisida). Hindarilah makanan-makanan yang berperisa, pedas, mengandung pengawet karena kurang baik untuk kesehatan.

2. Pijatan Ringan

Lakukan pijatan ringan pada kepala dengan menggunakan getah pada aloe vera (tanaman lidah buaya). Pijatan ini dapat dilakukan kurang lebih selama 15 menit, dengan pemijatan ringan, kemudian bilas dengan shampoo dan keringkan.

3.Suplemen

Ada beberapa suplemen yang bisa dikonsumsi sehari-hari antara lain yaitu
a.Omega 3
b.Evening Primrose Oil
c.Vitamin A
d.Vitamin B Kompleks
e.Vitamin E

4.Essential Oil

Essential oil yang dipercaya dapat mengatasi ketombe atau dandruff diantaranya adalah lavender, rosemary, tea tree, dan ylang-ylang. Caranya yaitu dengan mencampurkan 2 tetes jojoba oil, 4 tetes lavender, 3 tetes rosemary, 2 tetes tea tree, dan setetes ylang-ylang. Kemudian lakukan pemijatan pada kulit kepala, kemudian diamkan selama 30 menit dan setelah itu bilas dengan shampoo. Lakukan kegiatan ini setiap 2 hari sekali dan lakukan kurang lebih 2-3 minggu maka ketombe di kulit kepala akan berkurang dan bahkan hilang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*