Cara Mengatasi Insomnia


Kali ini seadonet akan memberikan tips dan trik bagaimana cara mengatasi insomnia. Di Indonesia, kasus insomnia sangatlah banyak. Hampir setiap orang pernah mengalami insomnia, ada yang sulit tidur dimalam hari, ada yang terbangun ketika malam hari padahal belum waktunya bangun. Jika sulit tidur dialami oleh seseorang dalam jangka waktu yang lama dan mengganggu aktivitas di siang hari serta mengganggu proses berpikir maka berarti anda sudah mengalami insomnia. Berdasarkan data dari Indonesia Knowledge Graph, bahwa di Indonesia terdapat kurang lebih 2 juta kasus per tahun. Insomnia yang berlangsung lama dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan pencernaan, penyakit kronis, cemas berlebihan, dan bahkan menyebabkan kecanduan obat-obatan.

Ada suatu kondisi dimana seseorang terbangun di malam hari dalam kondisi nafas terengah-engah atau sering disebut dengan sleep apnea. Di Indonesia terdapat 150.000 kasus orang yang mengalami sleep apnea, dimana dalam sleep apnea ini mereka mengalami henti nafas saat tidur kurang lebih sekitar 60 detik sampai 90 detik. Jika anda mengalami hal seperti itu maka harus segera dikonsultasikan ke dokter.

Berdasarkan TCM (Traditional Chinese Medicine) malam hari disebut yin, dimana tubuh kita melakukan proses pemulihan diri sepanjang hari karena tubuh telah bekerja, dan ketika malam hari adalah saatnya tubuh melakukan proses pemulihan diri. Untuk mencapai tidur yang nyenyak dan nyaman, maka tubuh memerlukan hati dan spiritual yang tenang dimana jika hati dan spriritual tenang maka organ-organ akan bekerja dengan baik.

Depresi, khawatir, dan cemas berlebihan akan berdampak pada organ-organ tubuh. Organ-organ yang rentan adalah limpa, hati, dan jantung. Sehingga banyak orang yang ketika mendengar kabar buruk dan emosi terganggu, mereka mudah mengalami serangan jantung. Insomnia sering terjadi pada wanita di atas 40 tahun karena mereka mengalami pre-menopause syndrom. Banyak diantara mereka yang mengalami jantung berdebar, kepanasan di malam hari, sulit tidur, hingga berkeringat.

Ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia antara lain yaitu dengan akupuntur dan makan makanan yang sehat. Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan dirumah untuk mengatasi insomnia, yaitu sebagai berikut:

1. Makanan yang sebenarnya (real food)

Real food yang dimaksud adalah makanan-makanan yang masih alami tanpa diberi pengawet, pewarna dan pemanis buatan. Makanan-makanan ini seperti buah-buahan segar, sayur-sayuran segar, daging segar, biji-bijian dan sebagainya yang sangat baik untuk kesehatan. Ada pola makan yang sangat penting untuk diperhatikan agar tidak mengalami insomnia di malah hari yaitu dengan cara berhenti makan 3 jam sebelum tidur, karena makan terlalu kenyang akan menyebabkan badan menjadi sulit tidur

2. Melakukan meditasi

Meditasi ini bertujuan untuk menjernihkan pikiran agar menjadi lebih tenang ketika menjelang tidur. Karena pikiran manusia akan selalu bekerja meskipun mata terpejam. Banyak orang yang merenung sampai pikiran berkeliaran ketika akan tidur. Untuk mendukung program meditasi yang akan dilakukan, anda dapat melakukan hal-hal seperti tidak bermain HP satu jam sebelum tidur, tidak menonton televise dan tidak mengerjakan tugas menggunakan laptop atau computer. Karena semua benda-benda tersebut akan mengeluarkan cahaya yang menghambat hormone melantonin yang bertugas membuat tidur menjadi lelap.

3. Mengkonsumsi suplemen

Suplemen dapat membantu tubuh menjadi relaks dan tidur lebih baik di malam hari, suplemen yang bisa dikonsumsi antara lain yaitu Calcium, Vitamin B kompleks, dan Vitamin E.

4. Melakukan Olahraga

Lakukanlah olahraga setiap hari minimal 30 menit agar tubuh tetap bugar. Lakukanlah kegiatan ini selama 2-3 kali dalam seminggu. Dengan demikian metabolisme menjadi lebih baik dan tingkat stress menurun sehingga menjadi tidur lebih baik di malam hari. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang.

5. Perhatikan hal-hal yang perlu anda hindari penderita insomnia

Ada beberapa hal yang harus dihindari oleh para penderita insomnia antara lain yaitu obat-obatan yang membuat badan terjaga hingga malam hari. Obat-obatan ini biasanya terdapat pada obat diet, obat darah tinggi, dan sebagainya. Maka dari itu konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat-obatan. Selain itu, sebaiknya penderita insomnia tidak mengkonsumsi kopi dan cokelat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.