Cara Mengatasi Bau Mulut


Sahabat sehat, pada kesempatan ini seadonet akan membahas topik yang sering menjadi masalah seseorang yaitu tentang cara mengatasi bau mulut. Secara medis, bau mulut disebut Halitosis yaitu suatu kondisi dimana muncul bau tidak sedap yang berasal dari rongga mulut. Biasanya bau mulut merupakan hasil dari proses metabolisme bakteri-bakteri yang ada di dalam rongga mulut. Kita tahu bahwa di dalam rongga mulut banyak sekali bakteri yang apabila ada makanan atau gula yang menyelip di sela-sela gigi atau rongga mulut maka dapat dimetabolismekan bersama bakteri sehingga menyebabkan bau mulut. Masalah bau mulut sering kali menjadi permasalahan sosial dalam kehidupan kita karena banyak sekali orang-orang di sekitar kita yang komplain ketika kita mengalami bau mulut.

Kapan bau mulut tergolong normal?

Ada beberapa kondisi bau mulut yang tergolong normal, yaitu sebagai berikut:
a. Ketika bangun tidur
b. Ketika sedang berpuasa
c. Setelah mengkonsumsi makanan/minuman yang berbau
Makanan dan minuman yang berbau menyengat dapat menyebabkan bau mulut, seperti durian, pete, jengkol, dan sebagainya.
d. Kesehatan rongga mulut terganggu
e. Penyakit lain
Bau mulut dalam kondisi di atas tergolong normal karena aliran air liur di dalam tubuh kurang lancar atau stagnan, sehingga menyebabkan bau mulut. Bau mulut ini akan hilang ketika kita memakan sesuatu karena aliran air liur di dalam mulut normal kembali.

Penyebab Bau Mulut

Penyebab bau mulut dibedakan menjadi dua yaitu yang berasal dari dalam rongga mulut dan di luar rongga mulut. Di dalam rongga mulut merupakan penyebab terbesar terjadinya halitosis atau bau mulut yakni hingga mencapai 90%. Sedangkan sisanya merupakan bau mulut yang disebabkan karena penyakit lain. Penyakit-penyakit yang biasanya terjadi di rongga mulut biasanya yaitu berupa gigi berlubang (karies gigi), sakit pada gusi, dan masalah-masalah rongga mulut lainnya. Bau mulut dikatakan kronis jika terjadi secara berkepanjangan. Bau mulut kronis biasanya dialami oleh orang yang menderita penyakit lain seperti penderita diabetes, gagal ginjal, dan sebagainya.

Cara Menangani Bau Mulut (Halitosis)

Masalah halitosis dapat kita tangani sendiri pada awal-awal, namun jika terlalu kronis maka harus segera di atasi dengan cara yang tepat. Jika anda merasa bau mulut yang mengganggu, maka harus segera konsultasi ke dokter gigi apakah bau mulut yang dialami termasuk normal atau tidak. Jika bau mulut yang dialami masih tergolong normal maka anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengurangi bau mulut, yaitu sebagai berikut:
a. Menjaga hygiene (kebersihan) rongga mulut.
b. Sikat gigi minimal 2 kali sehari, sebaiknya pagi setelah bangun tidur dan malam maksimal satu jam setelah makan malam.
c. Flossing gigi untuk mengangkat makanan dan plak yang menyelip pada gigi.
d. Mouthwashing yakni dengan cara berkumur dengan larutan penyegar bau mulut.
e. Minum air putih yang banyak.
f. Mengunyah permen karet yang berbau mint, dengan proses mengunyah maka aliran air liur akan berkurang sehingga mengurangi bau mulut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.