Cara Mencerahkan Kulit


Sahabat sehat, pada kesempatan kali ini seadonet akan membahas tentang cara mencerahkan kulit. Memiliki kulit putih dan cerah adalah dambaan setiap wanita, karena bagi wanita cantik itu ketika kulit bersih, sehat, dan cerah. Standar kecantikan wanita masa kini menilai bahwa kecantikan hanya dinilai dari warna kulit. Sehingga banyak orang yang mendambakan memiliki kulit putih. Hal ini memicu banyak produk pemutih yang beredar di pasaran. Padahal yang paling penting adalah bagaimana cara menjaga agar kulit tetap bersih, sehat, dan cerah.

Faktor Penyebab Perbedaan Warna Kulit

Tahukah anda bahwa kesehatan kulit ditentukan oleh jumlah melanin yang ada di dalam kulit. Melanin adalah pigmen yang dihasilkan oleh sel khusus yang disebut melanosit. Semakin gelapnya kulit seseorang itu mengindikasikan bahwa semakin banyak kandungan melanin di dalam kulit. Banyak faktor yang menyebabkan bertambahnya produksi jumlah melanin di dalam tubuh manusia. Faktor-faktor tersebut antara lain yaitu sebagai berikut:
a. Faktor genetik
b. Hormon
c. Paparan Sinar Matahari
d. Kelainan Kulit

Resiko Penggunaan Krim Pemutih

Krim pemutih bekerja dengan mengurangi jumlah melanin dalam kulit, hal ini biasa digunakan untuk menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat. Produk pemutih atau skincare lainnya biasanya memang mengandung resiko, maka dari itu pastikan diri kita untuk mengetahui jenis kandungan yang terdapat dalam produk yang akan kita gunakan serta membaca petunjuk sebelum mengaplikasikan produk ke kulit.

Bahan aktif yang terdapat pada produk pemutih biasanya adalah merkuri. Merkuri merupakan bahan pemutih yang berbahaya untuk kulit. Pemutih kulit biasanya mengandung bahan aktif yang digunakan untuk mengurangi produksi melanin pada kulit. Bahan tersebut biasanya yaitu hydroquinone. Maka dari itu, penting bagi kita untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk-produk pemutih tersebut.

Selain merkuri, bahan pemutih lainnya biasanya menggunakan steroid sebagai bahan aktif di dalam produk. Beberapa produk lain juga menggunakan bahan-bahan alami seperti kojic acid yang berasal dari senyawa jamur. Resiko yang paling berbahaya dari penggunaan krim pemutih adalah terpaparnya merkuri. Penggunaan merkuri dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem syaraf, ginjal, dan pencernaan. Sedangkan jika produk yang mengandung merkuri jika digunakan pada wanita hamil dapat membahayakan kesehatan janin dan anak.

Selain itu, terdapat juga resiko lain jika anda menggunakan krim pemutih dalam jangka waktu yang panjang, antara lain yaitu sebagai berikut:
1. Dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit
2. Kanker kulit yang berasal dari paparan sinar matahari.
3. Infeksi kulit akibat kandungan steroid pada produk.
4. Penipisan kulit akibat kandungan steroid pada produk.
5. Jerawat akibat kandungan steroid pada produk.
6. Penyembuhan luka lama akibat kandungan steroid pada produk.
7. Perubahan warna kulit akibat kandungan hydroquinone yang tidak dapat diobati.

Tips Mencerahkan Kulit

Berbagai bahan pemutih termasuk yang berasal dari bahan-bahan alami dapat mengakibatkan iritasi dan reaksi alergi. Bagian terpenting menjaga kulit adalah bukan memutihkan tetapi menjaga kulit tetap cerah. Berikut ini adalah tips untuk mencerahkan kulit, yaitu :

a. Chemical peeling

Chemical peeling untuk mencerahkan kulit
Chemical peeling untuk mencerahkan kulit

Chemical peeling ini berfungsi untuk mencerahkan kulit, merangsang produksi kulit baru. Dalam treatment ini beberapa bahan kimia akan dioleskan ke kulit sehingga merangsang pertumbuhan kulit yang baru. Chemical peeling juga memiliki fungsi lain antara lain yaitu mengurangi kerutan halus yang terdapat di bawah mata dan bibir, mengobati kerusakan kulit akibat penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, mangangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih cerah. Chemical peeling memiliki efek rasa terbakar dan menyengat di kulit. Jadi, setelah melakukan chemical peeling biasanya kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Maka dari itu gunakanlah suncreen setiap akan keluar lapangan atau terpapar sinar matahari.

b. Dermabrasi dan mikrodermabrasi

Dermabrasi dan mikrodermabrasi untuk mencerahkan kulit
Dermabrasi dan mikrodermabrasi untuk mencerahkan kulit

Dermabrasi dan mikrodermabrasi dilakukan untuk mencerahkan warna kulit, mengurangi bekas luka, jerawat, strechmark, dan keriput. Dermabrasi dan mikrodermabrasi harus dilakukan oleh dokter. Pada dermabrasi, kulit akan dibersihkan dan kemudian diberi obat bius pada daerah kulit yang akan dirawat. Kemudian dokter akan menggunakan sikat abrasif yang berkecepatan tinggi untuk memperbaiki lapisan luar kulit. Sedangkan pada mikrodermabrasi, kulit akan disemprotkan kristal ukuran kecil untuk menghilangkan lapisan terluar pada kulit. Dermabrasi dan mikrodermabrasi berfungsi untuk peremajaan kulit dan membuat kulit menjadi lebih lembut dan cerah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.