Tips Menjaga Mata Tetap Sehat


Mata merupakan salah satu alat indera yang sangat penting bagi manusia. Bagaimana tidak, mata merupakan jendela dunia karena tanpa mata kita tidak bisa melihat indahnya alam semesta. Namun sayangnya, gangguan atau penurunan fungsi mata pasti akan dialami oleh setiap orang, terutama mereka yang tengah memasuki usia lanjut. Namun, kita pasti tidak ingin gangguan itu cepat terjadi. Kali ini seadonet akan membagikan tips agar mata tetap sehat, yuk kita simak bagaimana tips menjaga mata tetap sehat?

Tips menjaga mata tetap sehat - mata sehat
Tips menjaga mata tetap sehat – gambaran mata sehat

Penurunan fungsi mata ini dapat kita cegah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin yang berguna untuk mata kita. Semakin bertambah usia semua fungsi organ kita akan mengalami penurunan tetapi penurunan itu dapat di perlambat dengan beberapa cara.

Tips Menjaga Mata Tetap Sehat secara Alami

Pertama, memperbaiki gaya hidup dan pola makan. Berdasarkan National Eye Institute, ada sebuah penelitian tentang penyakit mata yang disebabkan oleh usia yang dilakukan pada tahun 2001. Hasil penelitiannya menemukan bahwa “Diet yang buruk adalah salah satu faktor terbesar penyebab Age Related Macular Degeneration dan Katarak”. Asupan vitamin C, vitamin E, beta carotene dan Zinc dapat secara signifikan mengurangi resiko dan merupakan natural treatments yang sangat baik untuk Macular Degeneration dan Katarak. Diperkirakan kurang lebih setengah dari populasi orang dewasa akan menderita katarak pada usia 75 tahun.

7 Vitamin yang Dapat Menjaga Mata Tetap Sehat

Nah sahabat sehat, tahukah Anda bahwa ada 7 vitamin yang dapat menjaga mata kita agar tetap sehat untuk mencegah penurunan fungsi mata yang cepat ketika memasuki usia lanjut. Vitamin tersebut adalah sebagai berikut:

1. Lutein

Lutein mengandung antioksidan yang dapat menjaga mata agar tetap sehat. Lutein bisa diperoleh melalui buah-buahan (seperti pisang, jeruk, anggur, chery, apel, belimbing dan sebagainya), citrus, kuning telur, dan sayuran lain yang berwarna orange. Ada penelitian mengenai Lutein dari Havard University yang menemukan bahwa dengan mengkonsumsi Lutein 6mg/hari dapat menurunkan resiko Macular Degeneration hingga 43%.

Tips menjaga mata tetap sehat - lutein
Tips menjaga mata tetap sehat dengan lutein

2. Zeaxanthin

Zeaxanthin merupakan jenis karatenoid yang terbaik untuk mata kita. Zeaxanthin pun dapat membantu melindungi jaringan mata, lensa, dan macula yang memperjelas penglihatan dan mencegah masalah mata seperti katarak pada usia lanjut. Zeaxanthin dapat diperoleh dari berbagai sayur-sayuran hijau seperti bayam, brokoli, lobak hijau, kacang polong, buncis, dan lain-lain.

Tips menjaga mata tetap sehat - zeaxantin
Tips menjaga mata tetap sehat dengan zeaxantin

3. Vitamin C

Selain untuk menambah sistem imun, mencegah flu, batuk, dan sebagainya, Vitamin C juga dapat membantu mengurangi resiko terkena katarak yang biasanya dikombinasikan dengan vitamin E. Vitamin C bisa didapatkan dari berbagai buah-buahan dan sayuran segar. Selain itu, sekarang juga sudah ada suplemen vitamin C bagi Anda yang kesulitan mencari buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C. Jika Anda ingin membeli suplemen vitamin C maka carilah suplemen yang alami, tidak mengandung pewarna, pemanis buatan, serta pengawet. Vitamin C dapat ditemukan pada berbagai buah-buahan seperti jambu biji, papaya, strawberi, nanas, kiwi, dan sebagainya.

4. Vitamin E

Vitamin E juga memegang peranan yang cukup penting untuk kesehatan mata. Vitamin C dan Vitamin E sama-sama dapat bekerja untuk kesehatan mata. Vitamin E tergolong Fat-Soluble atau larut dalam lemak. Kedua vitamin ini dapat mencegah tubuh kita dari antioksidan, begitu pula dengan organ mata kita. Kita dapat menemukan vitamin E pada telur, daging ayam, kacang tanah, alpukat, biji bunga matahar, dan sebagainya.

5. Zinc (Zn)

Zinc merupakan salah satu mineral yang menjaga mata kita agar tetap sehat. Zinc juga dapat mengurangi resiko terjadinya Macular Regeneration dan katarak. Zinc berperan penting dalam Cell Division dan Cell Growth. Zinc menjaga kestabilan sirkulasi, mencegah sistem imun untuk menjadi terlalu aktif yang akan menyerang diri sendiri atau disebut Auto Immune. Zinc juga bersifat anti peradangan (mencegah peradangan) yang disebabkan oleh Sitokin. Jadi, zinc ini merupakan mineral yang sangat membantu kita. Makanan yang mengandung zinc antara lain hasil laut (kepiting, lobster, ikan salmon, cumi-cumi), sayuran (bayam, kemangi, brokoli, wortel, jamur), kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang mete, kacang merah, kacang hijau), jenis biji-bijian (biji labu kuning, biji wijen, biji kenari), jenis daging (daging sapi, domba, ayam kalkun, bebek, itik, angsa, hati sapi), jenis makanan energy (beras merah, gandum, sereal, cokelat, kuning telur), jenis buah-buahan (apel, alpukat, pisang), dan jenis rempah-rempah (bawang putih dan jahe).

6. Vitamin A “Beta Karoten”

Vitamin A inilah yang paling dikenal oleh masyarakat untuk kesehatan mata. Kita dapat memperoleh vitamin A pada sayur-sayuran yang berwarna orange atau merah seperti tomat dan wortel. Berdasarkan jurnal American Academy of Ophthalmology, kita membutuhkan jumlah vitamin A yang memadai untuk mencegah Xerophthalmia dan rabun senja. Asupan vitamin A dengan antioksidan lainnya dapat memperlambat proses kerusakan saraf seperti Diabetic Neuropathy. Diabetic Neuropathy merupakan kerusakan syaraf yang disebabkan oleh Diabetes (Kencing Manis).

7. Omega 3

Asam lemak omega 3 berasal dari ikan yang terdiri dari ikan yang meliputi ALA, EPA, dan DHA.  ALA (Alpha-linoleat) merupakan jenis asam lemak yang paling banyak ditemukan pada berbagai jenis minyak alami pada sayur, kacang-kacangan, dan hewan yang menerima makanan dari rumput alami. EPA (Eicosapentaenoic) adalah jenis asam lemak omega 3 yang bisa diperoleh dari semua ikan laut. DHA (Docosahexaenoic acid) adalah jenis asam lemak yang ditemukan pada semua jenis ikan berlemak dan tinggal dilaut.

Omega 3 juga ada yang berasal dari tumbuhan yang bisa diperoleh melalui Chia Seed. Chia Seed merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia Hispanica. Tanaman ini banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan, namun belakangan ini sudah mulai masuk ke Indonesia dan sangat disukai oleh para pecinta makanan organik. Omega 3 ini sangat baik untuk mencegah peradangan yang baik untuk mata, karena dewasa ini banyak penyakit yang disebabkan oleh peradangan-peradangan yang ada pada tubuh kita. Oleh karena itu marilah mulai dari sekarang kita perbaiki pola hidup dan pola aktivitas kita agar mata kita tetap terjaga hingga usia tua.

 

Referensi : Channel dr.Sung dan berbagai sumber lain

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.