Makanan Dan Suplemen Terbaik Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


Darah tinggi banyak dialami oleh banyak orang. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan seseorang mengalami darah tinggi? Darah tinggi dapat disebabkan karena mengkonsumsi makanan asin (garam) terlalu banyak, stress yang berlebih, obesitas, aktivitas fisik yang kurang baik, pola makan yang kurang baik, faktor usia, faktor gender, dan sebagainya. Sebenarnya apa saja yang termasuk makanan dan suplemen terbaik untuk mengatasi tekanan darah tinggi? Ada empat unsur penting yang harus ada bagi penderita darah tinggi, yaitu sebagai berikut:

Makanan Dan Suplemen Terbaik Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi photo
Makanan Dan Suplemen Terbaik Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi photo

1.Omega 3

Omega 3 mengandung DHA (Docosahexaenoic Acid) dan EPA (Eicosapentaenoic Acid). Dalam kandungan omega 3 ini ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, dan juga kesehatan otak. Omega 3 juga dapat mengurangi nyeri pada persendian seperti lutut, siku, dan sebagainya. Omega 3 dapat membantu penderita darah tinggi untuk mengurangi peradangan pada pembuluh darah. Peradangan pada arteri (pembuluh nadi) akan memicu terjadinya darah tinggi sehingga dengan mengkonsumsi Omega 3 dapat mengurangi peradangan tersebut, dengan demikian tekanan darah tinggi juga akan berkurang. Sumber Omega 3 dapat diperoleh dari minyak ikan. Pilihlah minyak ikan yang baik, hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ikan dari perairan laut dalam.

2.Magnesium

Magnesium berfungsi untuk merelaksasi dinding pembuluh darah. Dinding pembuluh darah yang baik adalah yang elastis pada saat berkontraksi maupun relaksasi. Magnesium disini berungsi untuk membantu merelaksasi dinding pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan demikian akan mengurangi tingkat stress pada tubuh. Sumber magnesium dapat diperoleh dari makanan seperti alpukat, pisang, dan kacang almond.

3.Kalium

Kalium berperan dalam kontraksi otot jantung (miokard). Kalium sangat berperan dalam mengaktifkan impuls dan mengatur detak/denyut jantung. Kalium dapat diperoleh dari makanan seperti ubi jalar, ketela, pisang, alpukat, dan sayur-sayuran hijau.

4.Antioksidan (Koenzim Q10).

Koenzim Q10 dapat membantu kesehatan jantung, pembuluh darah, dan juga kesehatan kerangka serta otot manusia. Koenzim Q10 diproduksi sendiri oleh tubuh yang dapat ditemukan pada semua sel dalam tubuh kita. Koenzim Q10 berperan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh molekul-molekul yang tidak baik bagi kesehatan. Penggunaan obat-obatan seperti obat kolesterol golongan statis dan obat diabetes dapat menurunkan kinerja Koenzim Q10. Selain itu, seiring bertambah usia juga produksi Koenzim Q10 di dalam tubuh kita akan ikut berkurang. Koenzim Q10 sangat penting perannya dalam menghasilkan energi bagi tubuh. Sumber makanan yang menghasilkan Koenzim Q10 dapat diperoleh dari hati, jantung, minyak kedelai, bawang putih mentah, kacang-kadangan, dan ikan sarden. Sebaiknya pilihlah makanan penghasil Koenzim Q10 yang rendah kolesterol.

5.Olahraga (aktivitas fisik)

Olahraga dapat dilakukan setiap hari atau paling sedikit 3x seminggu selama 30 menit. Olahraga yang bisa dilakukan antara lain jalan cepat, jogging, senam, pillates, renang, dan sebagainya. Jika memungkinkan gunakanlah partner (trainer) ketika berolahraga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.