Manfaat Air Rebusan Ketumbar Untuk Kesehatan


Sahabat sehat, tahukah anda bahwa ketumbar yang biasa digunakan untuk bumbu rempah memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Pada kesempatan kali ini, seadonet akan membahas tentang manfaat air rebusan ketumbar untuk kesehatan. Ketumbar merupakan salah satu bumbu rempah khas masakan Indonesia. Selain menambah cita rasa khas pada masakan, ternyata ketumbar memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Manfaat Air Rebusan Ketumbar

Berikut ini adalah manfaat rendaman air biji ketumbar :

1. Mencegah dan mengobati penyakit jantung koroner

Ketumbar juga memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang membandel di dalam darah sehingga ketumbar sangat baik untuk penderita penyakit jantung koroner.

2. Mencegah dan mengobati diabetes

Ketumbar merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki kandungan serat tinggi yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga air rebusan ini sangat efektif digunakan bagi penderita diabetes. Untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan ketumbar bagi penderita diabetes maka ada baiknya penderita diabetes tetap rajin mengontrol kondisinya ke dokter.

3. Mencegah dan mengobati osteoporosis

Ketumbar sangat baik untuk pertumbuhan tulang, sehingga membantu mencegah penyakit osteoporosis atau tulang keropos. Kandungan vitamin K dan kalsium pada ketumbar sangat baik untuk mencegah osteoporosis.

4. Mengatasi rematik dan asam urat

Biji ketumbar punya senyawa seperti asam linoleat dan cineole yang terkenal karena sifat antiarititik dan antirematiknya. Air rendaman biji ketumbar dapat mengobati radang sendi dan pembengkakan yang disebabkan oleh rematik dan radang sendi.

5. Mengatasi permasalahan mata

Studi menemukan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam biji ketumbar bisa sangat berguna dalam mengobati mata merah dan masalah mata lainnya

6. Membantu mencegah sakit perut saat menstruasi

Kandungan antioksidan yang terdapat pada ketumbar dipercaya dapat membantu pergerakan usus dan membantu produksi enzim pencernaan. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi.

7. Meminimalkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh

Ketumbar juga memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang membandel di dalam darah. Hal ini erat kaitannya dengan kesehatan jantung sebagai organ pemompa darah. Kolesterol jahat dalam darah dapat membentuk plak yang dapat menghambat peredaran darah dan akan mengganggu fungsi jantung secara normal.

8. Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan antioksidan yang terdapat pada ketumbar dapat membantu pergerakan usus dan membantu produksi enzim pencernaan. Ketumbar dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit, cacingan, dan sebagainya. Dengan melakukan perawatan yang rutin dapat mengatasi masalah sindrom pada usus besar sehingga dapat mengatasi masalah pencernaan yang muncul.

9. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Ketumbar memiliki sifat anagetik sehingga dapat membantu meredakan sakit gigi. Ketumbar memiliki sifat antibakteri sehingga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut karena salah satu penyebab utama masalah gigi dan mulut disebabkan oleh bakteri.

10. Mengatasi infeksi jamur dan bakteri

Manfaat ketumbar banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit akibat jamur dan bakteri, termasuk konjungtivitis dan infeksi kulit akibat jamur dan bakteri.

11. Mengatasi Wasir

Ketumbar sangat ampuh untuk mengatasi sembelit atau konstipasi yang merupakan salah satu penyebab wasir. Selain melancarkan buang air besar, sifat analgesik ketumbar juga dapat meredakan nyeri akibat wasir.

12. Mengatasi batuk dan pilek

Ketumbar memiliki kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan alami yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga ketumbr dipercaya dapat mempercepat penyembuhan penyakit batuk dan pilek.

13. Meringankan nyeri sendi

Manfaat ini berhubungan dengan ketumbar yang memiliki sifat analgesik dan kandungan asam linoleat dari ketumbar yang dipercaya dapat membantu meringankan masalah nyeri sendi dan meringankan sakit akibat hernia.

14. Menjaga kesehatan kulit

Ketumbar memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit. Anti bakteri yang terdapat dalam ketumbar mampu mengatasi masalah jerawat. Selain baik untuk kulit, ketumbar juga ampuh untuk membantu mengatasi masalah kulit berminyak, meremajakan kulit, dan mencerahkan kulit. Ketumbar juga dapat menghindarkan kulit dari infeksi dan iritasi.

15. Melebatkan rambut

Selain untuk kulit, ketumbar juga sangat baik untuk kesehatan rambut yakni membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih lebat. Ketumbar dapat membantu menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

Efek Samping Pemakaian Ketumbar

Beberapa efek samping yang mungkin muncul dari pemakaian ketumbar antara lain yaitu mual, muntah, nafsu makan menurun, sakit kepala, dan sakit perut. Efek samping penggunaan pada setiap orang berbeda-beda tergantung daya tahan tubuh orang itu sendiri. Pada penderita hipersensitif, penggunaan ketumbar dapat menyebabkan alergi seperti gatal, ruam merah, mata berair, dan alergi lainnya.

Ada beberapa kondisi pada seseorang yang tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi ketumbar sebagai obat herbal antara lain yaitu ibu hamil dan menyusui, penderita penyakit hati, penderita gangguan pernapasan, pemilik kulit sensitif, dan orang yang memiliki riwayat alergi pada ketumbar.

Langkah-langkah Pemanfaatan Ketumbar

Berikut ini adalah langkah-langkah penggunaan ketumbar untuk kesehatan :
a. Siapkan ketumbar
b. Ambil 1 sendok makan kemudian taruh di dalam gelas
c. Seduh dengan air panas
d. Diamkan selama 20 menit hingga airnya berubah menjadi kekuning-kuningan
e. Kemudian saringlah dan minum airnya secara rutin
f. Untuk pencegahan minum setiap pagi sebelum makan atau sarapan
g. Untuk pengobatan minum dua kali sehari setiap pagi dan malam, hingga sembuh.

Selamat mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.