5 Diet Konyol Yang Sering Dilakukan di Indonesia


Sahabat sehat, mempunyai tubuh ideal adalah idaman setiap orang baik laki-laki maupun perempuan. Banyak dari mereka yang ingin memiliki badan yang baik, tubuh yang langsing dengan melakukan berbagai macam cara. Pada pembahasan kali ini, seadonet akan membahas tentang jenis diet konyol yang sering dilakukan di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

5 Diet Konyol Yang Sering Dilakukan di Indonesia

Diet Konyol Yang Sering Dilakukan di Indonesia
Diet Konyol Yang Sering Dilakukan di Indonesia

 

1.Diet tidak mengkonsumsi nasi

Ada banyak orang yang ketika melakukan diet, mereka tidak mengkonsumsi nasi sama sekali. Sebenarnya tubuh memerlukan asupan karbohidrat yang salah satunya bisa diperoleh melalui nasi. Meskipun karbohidrat tidak harus diperoleh melalui nasi, karena ada banyak jenis makanan lain yang mengandung karbohidrat antara lain yaitu jagung, gandum, singkong, sagu, ubi, kentang dan sebagainya. Banyak orang Indonesia berasumsi bahwa makan nasi bisa menyebabkan gendut, padahal asumsi ini merupakan pandangan yang keliru. Penyebab tubuh menjadi gendut sebenarnya bukanlah nasinya melainkan dari kalori yang dikonsumsi sehari-hari yang akan diakumulasi setiap harinya. Banyak orang yang salah paham tentang kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada orang yang ingin diet dan ia tidak makan nasi sama sekali tetapi dia sering makan fast food lainnya seperti kentang goreng, burger, chiken wings, minuman bersoda, pizza, dan sebagainya. Akhirnya tubuh bukan berkurang berat badannya tetapi justru naik pesat. Tahukah anda, bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang banyak, jumlah kalori menjadi lebih besar melebihi jumlah kalori nasi.

2.Hanya mengkonsumsi tahu mentah

Tahu mentah sangat popular di Korea, banyak orang Indonesia yang meniru akan tetapi keliru karena tahu yang bisa dimakan mentah adalah jenis Silken Tofu, sedangkan tahu yang sering di jual di pasar tau supermarket di Indonesia merupakan tahu jenis Chinese Style Tofu. Tahu jenis ini tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi mentah, jika dipaksakan lama-kelamaan akan berdampak pada kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Apabila tahu mentah dikonsumsi terus menerus untuk diet tanpa mengkonsumsi makanan yang lainnya maka akan kekurangan gizi yang lainnya karena tubuh manusia tidak hanya membutuhkan nutrisi yang terkandung di tahu saja, tetapi juga membutuhkan nutrisi lainnya seperti serat, vitamin, karbohidrat, dan sebagainya. Sehingga akan berdampak buruk bagi kesehatan seperti kekuatan tulang akan menurun, rambut mudah rontok, gangguan hormon, menstruasi tidak teratur, dan gangguan mood. Sebenarnya, mengkonsumsi tahu baik bagi kesehatan tetapi jangan sampai hanya mengkonsumsi tahu saja mulai dari pagi, siang, dan malam selama beberapa bulan.

3.Hanya mengkonsumsi satu apel setiap hari

Apel sangat baik untuk kesehatan, tetapi mengkonsumsi apel setiap hari secara terus menerus akan berdampak buruk bagi kesehatan karena akan mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi lainnya yang tidak terkandung dalam buah apel.

4.Diet hanya mengkonsumsi suplemen tanpa mengkonsumsi makanan lainnya

Tubuh manusia didesain untuk mengkonsumsi makanan “real food”. Kita tidak boleh mengkonsumsi suplemen sepanjang hari terus menerus (pagi, siang, dan malam) karena membuat enzim tidak bekerja. Suplemen adalah makanan tambahan yang kita makan ketika makanan utama tidak mencukupi nilai gizi yang diperlukan oleh tubuh.

5.Hanya mengkonsumsi air putih saja

Banyak orang yang kurang memahami makna yang sesungguhnya. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa jika mereka puasa selama 40 hari tidak mendapat asupan kalori maka tubuh akan membakar lemak. Hal ini kurang tepat karena tubuh dalam keadaan normal tetap membutuhkan kalori dari luar, agar sel-sel dapat beraktifitas dengan baik. Ada beberapa hal yang bisa ditimbulkan dari aktivitas ini yaitu sistem hormon tidak normal, menstruasi tidak teratur, mudah stress, mood tidak baik, dan lain-lain.
Maka dari itu, pilihlah program diet jangka panjang yang tidak berdampak buruk bagi kesehatan dan berat badan akan seimbang (tidak mudah turun dan tidak mudah naik). Seadonet akan memberikan beberapa solusi yang bisa dilakukan bagi orang yang mengalami obesitas (kelebihan berat badan) dalam artikel berikutnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.